Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyentil kalangan ekonom yang mengkritik Family Office sebagai tempat pencucian uang. “Kalau ada pengamat bilang, ini hati-hati money laundering. Kita juga enggak usah diajari soal hati-hati, kita hati-hati, enggak mau dong kita masuk uang druggist ini. Enggak maulah,” ucap Luhut dalam program Closing Bell CNBC Indonesia, dikutip Rabu (31/7/2024).

Luhut menekankan, Pemerintah juga sudah banyak belajar dari Uni Emirat Arab, Singapura, hingga Hong Kong untuk mencegah terjadinya Family Office sebagai tempat pencucian uang para orang kaya atau crazy rich.

Sebagaimana diketahui, Ekonom senior Faisal Basri menilai keberadaan family office di Indonesia berpotensi menimbulkan praktik pencucian uang. Faisal mengatakan masalah family office jadi tempat pencucian uang sudah muncul di Singapura. Faisal mengatakan praktik pencucian uang yang kerap terjadi di family office bisa saja berasal dari kejahatan judi online atau narkoba.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours