JAKARTA – Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), mencatat peningkatan konektivitas jalan Tol khususnya Trans Jawa berdampak signifikan dalam mendorong geliat investasi pada paruh pertama 2024.

“Tol di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY itu berdampak luar biasa terhadap pertimbangan daripada investor. Karena masuk cost logistic lebih murah,” jelasnya dalam Konferensi Pers di Kantornya, Senin (29/7/2024).

salah satu bentuk nyata konektivitas meningkatkan pertumbuhan ekonomi tercermin jelas lewat banyaknya tenant yang mengantre untuk masuk ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).Capaian realisasi investasi sepanjang Semester I/2024 dilaporkan mencapai Rp829,9 triliun atau tumbuh 22,3% dari target investasi yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun ini sebesar Rp1.650 triliun.

DKI Jakarta dan Jawa masih duduk sebagai destinasi investasi favorit para penanam modal nasional (PMDN). Di antaranya yakni DKI Jakarta realisasi investasinya Rp69,3 triliun atau naik 60,9% secara yoy. Kemudian, Jawa Barat dengan realisasi Rp49,2 triliun naik 32,25% yoy dari posisi sebelumnya Rp37,2 triliun. Jawa Timur realisasi Rp44,1 triliun naik 40% dari Rp31,5 triliun.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours