JAKARTA – Seiring berkembangnya zaman, Samakin banyak pula modus penipuan yang ada, salah satunya adalah modus penipuan wangiri atau wangiri faud. modus Penipuan ini melibatkan missed call dari nomor asing yang tidak dikenal, untuk orang awam, pastinya akan penasaran dan akan menelepon balik. Meskipun sudah dikenal sejak lama, penipuan ini masih merugikan banyak orang, bahkan sempat viral di Indonesia pada tahun 2018, modus ini pertama kali terjadi di Jepang sekitar tahun 2000.

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menelepon kembali nomor asing dari modus ini bisa menguras saldo pulsa dan bahkan bisa menimbulkan biaya tambahan jika termasuk layanan premium.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecekan prefiks atau awalan nomor yang melakukan missed call dan hindari menelepon balik jika nomor tersebut tidak dikenal.
“Bila nomor tersebut berasal dari internasional, lebih baik cek kembali, apakah nomor tersebut terasa familiar atau tidak. Apabila tidak, sebaiknya jangan menelepon balik,” mengutip Detikcom, Minggu (12/7/2024). Dan perlu diketahui, Setiap negara memiliki kode nomor seluler. misalnya, +62 untuk Indonesia, +24 untuk kongo, +91 untuk India dan banyak lainnya.

Imbauan ini masih berlaku saat ini, jadi waspada terhadap telepon atau nomor asing yang mencurigakan. Jika penasaran, lebih baik lakukan penelusuran menggunakan mesin pencari untuk keamanan pribadi

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours