Optimisme Eksistensi TV Lokal di Perayaan HUT ATVLI ke-21

Memasuki usia ke 21 tahun, Aliansi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI) menggelar perayaan puncak HUT di Kalangan Madya Mandala, Taman Budaya Bali, Kamis (24/8) malam. Dalam acara perayaan ini, tiga kepala daerah berprestasi, yaitu Gubernur Bali Wayan Koster, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Wali Kota Tarakan dr. Khairul, M.Kes; menerima penghargaan tertinggi ATVLI Award.

Dengan mengusung tema “Keberlangsungan TV Lokal Sebagai Penopang Demokrasi”, perayaan HUT ke-21 ATVLI ini menggambarkan semangat kebersamaan dalam membangun peran TV lokal sebagai cerminan demokrasi dan penggambaran keberagaman budaya Nusantara.

Dipilihnya Bali sebagai tempat perayaan acara ini, sekaligus menjadi pengingat bahwa Bali sebagai tempat kelahiran ATVLI dan menjadi daya tarik digelarnya event-event internasional berskala global, seperti dipercaya sebagai tuan rumah KTT G20 pada November 2022 lalu. Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua ATVLI, Bambang Santoso. Di usia yang ke-21, ATVLI menyadari bahwa perkembangan dunia media saat ini cukup pesat. Diawali dengan Bali Tv yang menjadi pelopor berdirinya TV lokal, kemudian memotivasi munculnya tv lokal lain. Bali menjadi salah satu tolak ukur dan memotivasi semangat tv lokal lainnya di Indonesia. ATVLI memiliki peluang untuk tetap bisa bertahan dan berkembang, dengan mengandalkan kreativitas dan optimis dalam menghadapi tantangan.

Ketua Dewan Pers, melalui Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri, Totok Suryanto, menyampaikan bahwa ATVLI menjadi sebuah kekuatan Dewan Pers karena berada di seluruh wilayah Indonesia. Di usia yang ke-21, ATVLI diharapkan tidak hanya semakin matang, namun juga mampu menjawab tantangan di tengah maraknya kemunculan media online.

Ketua KPI, Ubaidillah, memberikan ucapan selamat HUT ke-21 ATVLI, sekaligus mengapresiasi kontribusi ATVLI dalam penyampaian informasi yang mendukung proses demokrasi. Partisipasi aktif ATVLI dalam menghadirkan isu-isu pemilu di siaran TV lokal diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2023.

ATVLI diharapkan dapat terus menampilkan potensi daerah dan menjadi penopang siaran nasional dengan membawa kekuatan kekayaan budaya daerahnya masing-masing. Di usia ke-21 ini, ATVLI bukan hanya sekedar merayakan eksistensinya saja, namun juga bersiap menghadapi tantangan masa depan dengan penuh optimisme. (var/sumber: panitia HUT ATVLI)


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours