JAKARTA – Plt Menteri Ketenagakerjaan Airlangga Hartarto sebut penetapan UMP tahun depan masih menunggu data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Hal ini ia sampaikan di kantornya, Jakarata, Kamis (03/10/2024).

“Kalau UMP kan siklusnya di bulan November nanti, jadi kita tunggu aja hasil daripada report dari BPS dulu,” kata Airlangga.

Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf hampir berakhir kurang dari satu bulan, namun sampai sekarang belum ada tanda dikeluarkannya kebijakan baru untuk penentuan upah minimum di tahun 2025. Umumnya, pembahasan dan penetapan upah minimum tahun berikutnya dilakukan pada bulan Oktober-November, namun masih belum diketahui apakah penetapan upah minimum 2025 akan ditetapkan oleh presiden dan wakil presiden terpilih atau tidak.

Sebelumnya, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (ASPIRASI) Mirah Sumirat meminta agar kenaikan UMP Tahun 2025 naik sebesar 20%. Usulan ini berbeda dari yang diusulkan Presiden Partai Buruh Said Iqbal, yang mengusulkan UMP Tahun 2025 naik sebesar 8-10%.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours