JAKARTA – Penipu punya berbagai cara untuk mengelabui korban dan mencuri uang di rekening. Saat ini yang marak dan jadi perhatian di mana-mana adalah modus ‘evil twin attack’.

Umumnya, evil twin attack menyasar pengguna WiFi gratis di tempat umum. Secara harafiah, evil twin attack berarti serangan kembaran jahat.

Secara teknis, penipu akan menciptakan jebakan Access Point palsu yang mirip atau kembar dengan Access Point asli. Saat korban masuk perangkap dan mengira sedang mengakses WiFi publik tertentu, penipu akan membobol perangkat pengguna dan bisa mencuri uang di dalamnya.

“Seiring terbiasanya masyarakat umum dengan WiFi gratis dimana-mana, Anda bisa memperkirakan serangan kembaran jahat (evil twins) makin umum terjadi,” kata wakil presiden cloud di perusahaan keamanan data Varonis, Matt Radolec, Selasa (1/10/2024).

Konsultan IT, Brian Alcorn mengatakan akan dikumpulkan untuk eksploitasi di masa depan. Keadaan korban yang merupakan traveler terburu-buru atau lelah juga membuat kejahatan ini makin sempurna.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours