Malang – Mahasiswa jurusan Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rivan Alamsyah, bersama timnya menciptakan program intervensi psikologi menggunakan metode *Guided Imagery* untuk membantu orang tua anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam mengelola kecemasan. Program ini lahir dari hasil riset mereka yang berhasil lolos ke tahap final Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Metode ini melibatkan imajinasi terstruktur yang dikombinasikan dengan latihan pernapasan dalam, visualisasi, dan stimulasi audio untuk menenangkan pikiran.

Menurut Rivan, seringkali penanganan ABK hanya berfokus pada anak, sementara kecemasan orang tua terabaikan. Program ini diterapkan di enam Sekolah Luar Biasa (SLB) di Malang, melibatkan orang tua ABK sebagai peserta. Para orang tua menyatakan teknik ini sangat membantu mereka dalam mengelola kecemasan yang dialami.

Untuk keberlanjutan program, tim Rivan juga memberikan modul ajar kepada SLB sebagai panduan dalam melanjutkan pelatihan *Guided Imagery* secara mandiri. Ke depan, mereka berharap intervensi ini bisa diterapkan di provinsi lain di Indonesia guna meningkatkan kualitas hidup para orang tua ABK.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours