Jakarta – Tim peneliti Center of Economic and Law Studies (Celios) mencatat adanya ketimpangan kenaikan pendapatan antara crazy rich dengan kelas menengah di Indonesia sejak 2020.

“Laporan ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin tidak terdistribusi secara merata. Sejak 2020, kekayaan tiga orang terkaya telah meningkat lebih dari tiga kali lipat, sementara pertumbuhan upah pekerja hanya sebesar 15%. Ini adalah cerminan ketimpangan yang semakin menghambat mobilitas sosial.” ungkap Direktur Eksekutif Celios, Bhima Yudhistira Adhinegara, Kamis (26/9/2024).

Perhitungan tersebut didasari dengan mengamati data Forbes atas kekayaan tiga orang terkaya pada kondisi krisis akibat pandemi COVID-19 dalam periode 2020 hingga 2023. Dalam waktu 3 tahun, kenaikan kekayaan tiga orang terkaya secara akumulatif mengartikan pertumbuhan sebesar 174%. Sementara itu, perhitungan untuk kelas pekerja menggunakan data Survei Angkatan Kerja Nasional terkait informasi rerata upah/gaji tenaga kerja di 17 sektor.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours