JAKARTA – Masyarakat saat ini bisa menerima peringatan bencana secara langsung melalui siaran TV digital setelah Kementerian Kominfo meluncurkan Sistem Informasi Bencana atau Early Warning System (EWS).

“(EWS TV Digital) efektif untuk penyiaran hari ini sudah mulai beroperasi. Kita berharap bencana itu korbannya bisa diminimalisir, ini bagian dari perlindungan masyarakat, tanggungjawab negara terhadap masyarakat. Karena negara bertanggungjawab untuk melindungi segenap tumpah darah Indonesia,” ujar Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi dalam keterangan resminya, dikutip dari laman Kominfo, Rabu (25/9/2024).

Selain siaran TV digital, EWS juga akan mengirimkan informasi melalui SMS blast sebelum terjadinya bencana seperti gempa bumi dan tsunami. Pemberitahuan ini akan tersedia di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat dapat dengan cepat mengetahui jika ada ancaman bencana di daerah tertentu.

Sistem ini menggunakan tiga warna untuk menunjukkan tingkat peringatan diantaranya biru untuk waspada, kuning untuk siaga, dan merah untuk awas. Operasional pemberitahuan melibatkan berbagai lembaga termasuk Kominfo, BMKG, dan BNPB. Hal ini juga didukung oleh sistem tambahan yang dikembangkan melalui kerja sama dengan Pemerintah Jepang dalam upaya penanggulangan bencana di Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours