Sri Mulyani Sebut Ekonomi Indonesia Pernah Tumbuh di Level 8%, Berbeda Dengan Sekarang Yang Stagnan di 5%

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ungkap ekonomi Indonesia pernah stabil di level 7-8% di era Presiden Soeharto atau tepatnya dii tahun 1989-1996.

“Dalam 50 tahun terakhir dalam sejarah Indonesia, pertumbuhan tertinggi yang sebetulnya pernah kita capai ialah pada era 1990-an, saat kita bisa memperoleh pertumbuhan ekonomi di kisaran 8%. Ini sama persis dengan India saat ini. Itu kenapa sekarang setiap orang memuji-muji India kini dan seperti China selama dua dekade terakhir,” sebut Sri Mulyani dalam acara Bank Dunia, pada Selasa (24/9/2024).

Namun tren laju pertumbuhan ekonomi tersebut tidak bertahan lama di Indonesia. Pada era 2000-an, sela 24 tahun pertumbuhan ekonomi Indonesia stagnan di level 5%. Hal ini membuat Indonesia terus berada dalam middle income trap. Karenanya, Sri Mulyani menegaskan jika kunci dari pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat adalah reformasi struktural yang lebih taktis yang mana pembangunan modal manusia dan infrastruktur harus bisa dilakukan lebih rinci dan mudah direalisasikan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours