JAKARTA – Saham-saham emiten rokok menunjukkan performa yang mengesankan pada sesi I perdagangan Selasa (23/9/2024), seiring dengan keputusan pemerintah untuk tidak menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) pada tahun 2025. Empat saham di sektor ini mengalami lonjakan lebih dari 1% hingga 5%, dengan PT Wismilak Inti Makmur Tbk (WIIM) mencatatkan kenaikan tertinggi sebesar 5,73%.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Askolani yang mengonfirmasi bahwa kebijakan CHT untuk 2025 akan tetap berlaku. Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan fenomena down trading, di mana konsumen beralih ke produk rokok yang lebih terjangkau, sehingga pemerintah memutuskan untuk mempertahankan kebijakan yang ada.”

Kebijakan CHT 2025 ini tentunya bisa mempertimbangkan down trading, yaitu dari perbedaan antara rokok golongan I dengan golongan III,” ujar Askolani.

Dengan tidak adanya kenaikan cukai, diharapkan kinerja emiten rokok akan meningkat. Stabilitas harga rokok dapat membantu menjaga dan meningkatkan konsumsi, memberikan dorongan bagi keseluruhan industri rokok.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours