JAKARTA – FBI menangkap dua orang pemuda berusia 21 tahun yang benama Malone Lam (alias Greavys, Anne Hathaway, dan $$$) dan Jeandiel Serrano (alias Box, VersaceGod, dan @SkidStar), Selasa (24/9/2024), karena melakukan kejahatan pencurian kripto berjumlah 4.100 bitcoin atau lebih dari US$230 juta (Rp 3,5 triliun).

Serangan dilakukan pada 18 Agustus pada seorang korban dari Washington DC. Pencucian aset kripto dilakukan lewat kombinasi pencampur dan bursa kripto. Ini menggunakan ‘peel chain’ atau rantai pengelupas, dompet pass-through, serta VPN. Mereka menyamar sebagai google dan dukungan layanan gemini.

Tersangka yang menyamar ini mengaku meminta korban mengatur ulang autentifikasi dua faktor (2FA). “Penelusuran awal menunjukkan US$243 juta dibagi ke berbagai pihak sebelum dana mengalir ke 15+ bursa yang langsung bertukar ke Bitcoin, Litecoin, Ethereum, dan Monero,” kata ZachXBT. Hasil dari pencurian itu digunakan tersangka untuk gaya hidup mewah. Keduanya berhasil ditengkap setelah FBI melakukan pelacakan melalui pengeluaran mewah itu. Unggahan media sosial teman-teman mereka juga ditelusuri pihak intelijen.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours