PADANG – Pemerintahan Sumatera Barat targetkan 100% untuk Rasio Elektrifikasi (RE). Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan Pemprov Sumbar bersama PT PLN akan fokus ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, untuk mencapai RE 100% di tahun 2025, karena ada beberapa daerah tersebut yang belum teraliri listrik. “Saat ini capaian RE Sumbar 99,77%. Artinya ada sekitar 23% lagi untuk mengaliri rumah-rumah warga dengan listrik,” katanya, Kamis (19/9/2024).

Gubernur menyampaikan Kabupaten Kepulauan Mentawai masih menjadi daerah yang menyandang status 3T, terdepan, tetinggal, dan terluar di Sumbar. Dikatakannya saat ini PLN bersama beberapa calon investor sudah punya rencana untuk pembangunan beberapa unit pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS di Mentawai.

Sejauh ini telah ada sebanyak 1.200 kepala keluarga tidak mampu telah dibantu lewat program pemasangan instalasi listrik untuk rumah tangga sederhana pada tahun 2021. Kemudian pada tahun 2022, jumlah penerima program Listrik RTS berjumlah 1.198 kepala keluarga.”Langkah ini dilakukan dalam upaya menjangkau masyarakat yang bermukim di wilayah yang jauh serta tidak terjangkau instalasi jaringan listrik PLN,” ujar Herry.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours