Jakarta – Guna menunjang keselamatan pelayaran di perairan Indonesia, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membentuk Pusat Integrasi Data Maritime atau Maritime Coordination Center (MCC).

“Pembentukan MCC ini bertujuan untuk menjadi Pusat Integrasi Data Maritim Indonesia, yang dioperasikan selama 24 jam oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, dengan personil yang terdiri dari pegawai Direktorat Kenavigasian dan Pegawai Direktorat Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai [KPLP],” kata Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, Antoni Arif Priadi saat siaran pers, Jumat (13/9/2024).

Ia menjelaskan MCC telah mengkoordinasikan penyiaran Informasi Keselamatan Pelayaran dan terintegrasi dengan Stasiun Radio Pantai (SROP), Vessel Traffic Services (VTS) dan Stasiun NAVTEX milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, MCC juga telah terintegrasi data dari berbagai Aplikasi, Badan, Kementerian atau Lembaga lain untuk pemantauan kapal hingga sistem pelacakan dan identifikasi jarak jauh.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours