JAKARTA – Pangeran Diponegoro secara visual sering ditampilkan mengenakan jubah dan sorban. Visual ini kemudian diproduksi terus-terus melalui media dan sarana pendidikan di banyak buku sekolah. Pertanyaannya, siapa yang pertama kali menampil Pangeran Diponegoro dengan visual seperti itu? Jawabannya adalah Adrianus Johannes Bik.

Bik adalah hakim di Batavia yang suka melukis. Saat bertugas, kebetulan Pangeran Diponegoro sedang berada di penjara pada April-Mei 1830. Kebetulan lagi, pengawas penjaranya adalah Bik. Banyak orang menganggap, goresan tangan Bik yang paling akurat. Sebab dia berkesempatan melihat langsung Pangeran Diponegoro semasa hidup. Dari sini, visual seperti itu dilukiskan oleh para pelukis pribumi.

Sebut saja, seperti Raden Saleh. Pada 1847, dia melukiskan Diponegoro memakai sorban dan jubah dalam karya monumentalnya berjudul Penangkapan Pangeran Diponegoro. Selain Saleh, ada juga Basoeki Abdullah yang juga menggambarkan hal sama. Sejarah mencatat awalnya Diponegoro memakai pakaian Jawa. Namun, suatu waktu dia bertukar dengan pakaian dengan saudaranya, Ibrahim, yang keturunan Arab. Dari sini, dia kemudian memakai sorban dan jubah seperti yang dilihat sekarang. Sejak itu sampai sekarang, kita diperlihatkan Pangeran Dipenogoro yang memakai jubah dan sorban.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours