JAKARTA – Gempa bumi dengan magnitudo (M) 4,9 mengguncang wilayah Gianyar Bali, Sabtu (7/9/2024).Berdasarkan hasil analisis Badan meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada pukul 9:51 WITA itu berpusat di darat, 2 km timur laut Gianyar pada kedalaman 10 km.

BMKG menjelaskan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat. Berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun. Belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

“Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI,” tulis Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho dalam keterangan resminya.

Hingga pukul 10:21 WITA belum ada gempa susulan yang dilaporkan. BMKG pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya dan menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours