Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan segera mengumumkan rancangan listrik dari Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia sebesar 62 Giga Watt (GW) hingga tahun 2040 mendatang.

Luhut mengatakan rancangan tersebut akan tertuang dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) hingga tahun 2040 mendatang.

“Saya hanya ingin memberi tahu Anda, hadirin sekalian, Presiden (Jokowi) akan segera mengumumkan RUPTL kita, 62 GW energi terbarukan hingga 2040,” bebernya dalam acara Indonesia Sustainability Forum (ISF), di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (5/9/2024).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, diskusi mengenai pembahasan revisi RUPTL telah selaras dengan RUKN Kementerian ESDM. Hal tersebut terbukti dengan persamaan mengenai angka yang disusun.

“Sampai tahun 2040, penambahan kapasitas pembangkit totalnya sekitar 80 GW. 75 persennya berbasis pada energi baru terbarukan. 25 persennya adalah berbasis pada gas,” kata dia dalam acara Road to PLN Investment Days 2024 di Jakarta, Rabu (6/3/2024).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours