JAKARTA – Pemerintah dan Badan Anggaran (Banggar) DPR menyetujui anggaran sebesar Rp 113 triliun demi merealisasikan program unggulan Prabowo Subianto yang akan menjabat sebagai presiden Indonesia di bulan Oktober. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Untuk beberapa program quick win dan yang sudah disetujui presiden terpilih adalah empat hal dengan indikasi kementerian atau lembaga yang eksekusi ini nanti dalam UU APBN 2025,” ungkap Sri Mulyani di Banggar DPR, Jakarta, Rabu (04/09).

Sri Mulyani menjelaskan, Rp 71 triliun akan dikerahkan ke Badan Gizi Nasional untuk program Makan Siang Bergizi Gratis (MBG). Rp 3,2 triliun akan dianggarkan untuk pemeriksaan kesehatan gratis bagi 52,2 juta warga Indonesia. Kemudian Rp 1,8 triliun akan digunakan untuk pembangunan rumah sakit (RS) Lengkap Berkualitas di Daerah. Lalu di sektor pendidikan akan dikerahkan anggaran Rp 20 triliun untuk renovasi sekolah di Indonesia.

Adapula program sekolah unggulan terintegrasi senilai Rp 2 triliun berupa pembangunan fisik sekolah di Ibu Kota Nusantara (IKN), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, dan Maluku Utara. Lalu yang terakhir total anggaran Rp 15 triliun akan dianggarkan untuk pembangunan Lumbung Pangan Nasional, Daerah, dan Desa. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours