JAKARTA – Ketua Federal Reserve Jerome Powell memberikan sinyal bahwa pemangkasan suku bunga mungkin segera dilakukan, meskipun ia tidak memberikan indikasi pasti mengenai waktu atau besaran pemangkasan tersebut. “Waktunya telah tiba untuk menyesuaikan kebijakan,” kata Powell dalam pidato utamanya yang sangat dinantikan pada pertemuan tahunan Fed di Jackson Hole, Wyoming, Jumat (23/8/2024).

Powell tidak memberikan petunjuk jelas mengenai kapan pemangkasan suku bunga akan dimulai. Pasar memperkirakan bahwa Fed akan mulai memangkas suku bunga pada bulan September, tetapi Powell tidak menyebutkan kapan ia memperkirakan pelonggaran kebijakan akan dimulai. Powell juga mencatat bahwa kenaikan inflasi yang terjadi adalah “fenomena global,” yang disebabkan oleh “peningkatan cepat dalam permintaan barang, rantai pasokan yang terganggu, pasar tenaga kerja yang ketat, dan kenaikan tajam harga komoditas.”

Saat inflasi pertama kali mulai meningkat pada awal 2021, Powell dan rekan-rekannya serta banyak ekonom Wall Street menganggapnya sebagai hal yang “sementara.” Namun, ketika jelas bahwa inflasi meluas dari barang ke jasa, Fed berbalik arah dan mulai menaikkan suku bunga, menambah 5,25 poin persentase pada suku bunga acuan yang sebelumnya mendekati nol. Para trader tetap yakin bahwa pemangkasan suku bunga setidaknya sebesar seperempat poin persentase akan terjadi pada bulan September, dengan kemungkinan pemangkasan setengah poin persentase meningkat menjadi sekitar 1 banding 3

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours