Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakhiri tren menguat seiring dengan gejolak politik di dalam negeri. Indeks ditutup turun 0,87% ke level 7.488,68 pada akhir perdagangan kemarin, Kamis (22/8/2024) setelah menguat dalam empat hari terakhir.

diketahui kemarin terjadi aksi demonstrasi besar terkait revisi UU Pilkada setelah Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan mengenai ambang batas suara partai untuk mencalonkan gubernur. beberapa sektor menjadi penekan IHSG, yakni infrastruktur sebesar 1,5%, teknologi sebesar 1,4%, transportasi sebesar 1,23%, dan keuangan sebesar 1,19%.

Di tengah aksi demonstrasi besar, investor asing tercatat melakukan penjualan bersih atau net foreign buy sebesar Rp 1,26 triliun di seluruh pasar. Rinciannya Rp 1,59 triliun di pasar reguler dan net foreign sell Rp 328,03 miliar di pasar negosiasi dan tunai.

Saham-saham yang menjadi incaran asing di antaranya BBRI, ASII, BBCA, hingga sektor konsumer seperti INDF. Sementara itu sejumlah saham mencatat penjualan bersih investor asing atau net foreing sell. saham dengan net sell asing terbesar pada perdagangan kemarin adalah BBNI dengan nilai Rp 50,6 miliar. Lalu diikuti oleh MNCN Rp 23,9 miliar dan BBKP Rp 19,8 miliar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours