Jakarta – Media asing menyoroti langkah pemerintah RI melakukan rapat kabinet pertamanya di ibu kota Nusantara (IKN), Senin. Ini setidaknya terlihat di laman media Prancis, AFP dalam artikel “Indonesia president holds first cabinet meeting in future capital”.

Presiden Indonesia Joko Widodo mengadakan rapat kabinet pertamanya di ibu kota barunya yang direncanakan, Nusantara, pada hari Senin, saat pemimpin yang akan lengser tersebut berusaha meyakinkan investor bahwa megaproyek senilai US$32 miliar miliknya tetap berjalan sesuai rencana sebelum ia lengser pada bulan Oktober ini.

Bertahun-tahun setelah mengumumkan proyek infrastruktur andalannya, yang dimaksudkan untuk meringankan beban Jakarta yang padat, tenggelam, dan kelebihan penduduk, Nusantara telah menghadapi berbagai masalah, termasuk keterlambatan konstruksi dan kurangnya investasi asing.

Sementara itu, media Jepang Nikkei membuat lima sorotan khusus soal rapat Jokowi di IKN. Mulai dari apakah Nusantara akan resmi menjadi ibu kota baru RI, lalu seberapa lengkap pembangunannya dan kapan pemerintah akan mulai pindah ke sana, apakah pemerintah telah mendapatkan cukup komitmen dari sektor swasta untuk melanjutkan proyek, seberapa besar komitmen Prabowo terhadap pemindahan ibu kota, dan bagaimana Nusantara menjadi kota hijau dan smart city.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours