JAKARTA — Panitia seleksi Komisi Pemberantasan Korupsi (pansel KPK) resmi mengumumkan sebanyak 525 orang mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan dan dewan pengawas (dewas) KPK periode 2024–2029. Pendaftaran calon pimpinan dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi ditutup pada Senin (15/7/2024) pukul 23.59 WIB.

Arif mengumumkan bahwa sebanyak 318 orang mendaftar sebagai calon pimpinan dan anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Calon pimpinan terdiri dari 298 pria dan 20 wanita, sedangkan 207 orang lainnya mendaftar sebagai calon anggota Dewan Pengawas KPK dengan rincian 184 pria dan 23 wanita. Hasil verifikasi akan diumumkan pada 24 Juli 2024 melalui laman resmi KPK serta Kementerian Sekretariat Negara (Setneg).

Panitia Seleksi (Pansel) KPK membuka periode masukan dan tanggapan masyarakat atas calon-calon yang lolos seleksi administrasi dari 24 Juli hingga 24 Agustus 2024. Para pendaftar berasal dari berbagai latar belakang, termasuk ASN, akademisi, aparat penegak hukum, dan sektor swasta. Proses seleksi akan menghasilkan 10 kandidat pimpinan dan Dewas KPK akan diserahkan ke Presiden Jokowi untuk diteruskan ke DPR. Ketua IM 57+ Institute berharap seleksi berlangsung tanpa intervensi, memungkinkan Presiden Jokowi meninggalkan warisan positif dalam pemberantasan korupsi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours