Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau berhasil melesat lebih dari 1% pada perdagangan sesi I Senin (3/6/2024), setelah tiga hari beruntun pada pekan lalu ambles hingga ke bawah level psikologis 7.000.

Hingga pukul 10:33 WIB, IHSG melesat 1,07% ke posisi 7.045,53. IHSG akhirnya kembali ke level psikologis 7.000, setelah pada perdagangan Jumat pekan lalu ditutup di level psikologis 6.900.

Saham perbankan raksasa kembali menjadi penopang terbesar IHSG di sesi I hari ini, setelah beberapa hari terakhir menjadi penekan IHSG. Adapun saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menjadi penopang terbesar IHSG di sesi I hari ini yakni mencapai 19 indeks poin.

IHSG rebound hingga berhasil melesat lebih dari 1% terjadi di tengah membaiknya sentimen pasar global setelah inflasi konsumsi pribadi (Personal Consumption Expenditure/PCE) Amerika Serikat (AS) periode April 2024 tumbuh sesuai dengan prediksi pasar.

Data inflasi PCE untuk periode April 2024 berada di 2,7% secara tahunan (yoy), sama seperti bulan sebelumnya dan sesuai dengan ekspektasi pasar. Begitu juga dengan inflasi inti PCE yang bertahan di 2,8% yoy seperti bulan sebelumnya dan sesuai dengan harapan pasar.

Dengan data inflasi yang sesuai ekspektasi, ditambah dengan data ekonomi AS yang mendukung masih kuat, seperti keyakinan konsumen yang naik setelah tiga bulan beruntun melemah, diikuti dengan kondisi manufaktur meningkat ke level ekspansif.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours