PDD Holdings, perusahaan induk Pinduoduo dan Temu, kini menjadi raja e-commerce di China, mengalahkan Alibaba. Dalam tiga bulan pertama tahun 2024, harga saham PDD melonjak 7,5 persen, meningkatkan kapitalisasi pasarnya menjadi US$ 208 miliar, mengungguli Alibaba yang bernilai US$ 196 miliar.

Selama setahun terakhir, harga saham PDD naik 109 persen. Platform Pinduoduo milik PDD menawarkan barang-barang diskon dengan harga grosir kepada kelompok pembeli, sementara Temu, yang fokus di pasar internasional, menghubungkan produsen langsung dengan konsumen, termasuk di Amerika Serikat. Kinerja Temu diprediksi akan terus tumbuh dengan model konsinyasi baru yang memberatkan biaya logistik pada pedagang. Laporan Q1 2024 PDD menunjukkan lonjakan laba bersih sebesar 246 persen YoY menjadi US$ 3,87 miliar, dengan pendapatan fee pedagang mencapai US$ 6,14 miliar.

Sementara itu, laba bersih Alibaba merosot 86 persen, meskipun mereka memiliki berbagai platform internasional seperti AliExpress dan Taobao. Temu menarik minat pembeli di negara maju melalui kampanye besar-besaran dan iklan Super Bowl, serta ekspansi ke Australia, Selandia Baru, Jerman, dan Inggris.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours