Tim Peneliti Siber dari ESET mengungkap adanya tiga aplikasi berbahaya di HP Android yang mampu mengirimkan malware ke dalam ponsel korban. Menurut perusahaan keamanan siber tersebut, aplikasi-aplikasi ini dapat membahayakan pengguna dengan menyebarkan malware ke perangkat mereka.

Selain itu, para peneliti mengungkap bahwa malware tersebut memanfaatkan alat pengembangan aplikasi yang sah. Namun, alat ini digunakan untuk menyimpan informasi sensitif, sehingga menyulitkan alat keamanan dalam menjalankan fungsinya. Tiga aplikasi yang dimaksud adalah Dink Messenger, Info Sim, dan Defcom. Dilaporkan bahwa mayoritas korban berada di India dan Pakistan. Malware ini dapat mengakses berbagai informasi, termasuk daftar kontak dan GPS perangkat, serta berpotensi mengakses informasi keuangan, termasuk data perbankan.

Lantas, bagaimana cara menghapus aplikasi tersebut?

Untuk menghapus aplikasi berbahaya, masuklah ke Google Play Store. Kemudian, klik ikon Profil dan pilih Manage apps and devices. Cari nama aplikasi yang akan dihapus. Setelah menemukannya, klik Uninstall untuk menyelesaikan proses penghapusan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours