Harga minyak mentah di pasar spot mengalami sedikit kenaikan setelah mengalami penurunan selama empat hari berturut-turut. Pada perdagangan hari ini, Jumat (24/5/2024) pukul 08:35 WIB, harga minyak Brent naik 0,05% menjadi US$81,4 per barel, sedangkan harga minyak WTI naik 0,03% menjadi US$76,89 per barel. Kenaikan tipis ini terjadi setelah Rusia menyatakan akan mengajukan rencana untuk mengkompensasi kelebihan kuota produksi minyak OPEC+ pada bulan April.

Diperkirakan harga minyak akan tetap berada di sekitar US$80 per barel setidaknya hingga pertemuan OPEC+ pada 1 Juni mendatang, di mana mereka akan memutuskan kelanjutan pemotongan produksi sekitar 2,2 juta barel per hari (bph) pada paruh kedua tahun ini.

Pergerakan harga minyak belakangan ini juga dipengaruhi oleh spekulasi bahwa OPEC+ mungkin akan mengakhiri pemotongan produksi yang sedang berjalan.

Di sisi lain, harga minyak dibatasi oleh kekhawatiran mengenai permintaan dan kebijakan suku bunga tinggi dari bank sentral AS (The Fed) yang belum yakin bahwa inflasi telah terkendali. Saat ini, suku bunga The Fed berada di kisaran 5,25-5,50%.

“Beberapa peserta menyatakan kesediaan untuk memperketat kebijakan lebih lanjut jika risiko inflasi meningkat sehingga tindakan tersebut diperlukan,” kata The Fed.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours