Harga batu bara dunia anjlok pada perdagangan kemarin, hal ini akibat komentar para pejabat bank sentral AS, The Fed yang terlihat hawkish. Berdasarkan Refinitiv, harga batu bara ICE Newcastle kontrak Juni pada Senin (20/5/2024) diakhiri 0,36% level US$140/ton.

Di Amerika Serikat, batu bara masih menjadi salah satu sumber utama pembangkit listrik, menguasai sekitar 16% dari total pembangkit listrik. Andai dibandingkan, porsi batu bara lebih besar daripada tenaga angin (11%), tenaga air (6%), dan tenaga surya (4%). Sementara itu, Pejabat Federal Reserve menunda kesimpulan bahwa inflasi akan mencapai target bank sentral sebesar 2%, terutama setelah data pekan lalu menunjukkan penurunan tekanan harga konsumen pada bulan April. Beberapa pejabat pada hari Senin menekankan perlunya kebijakan yang berhati-hati dan berkelanjutan.

Wakil Ketua Fed Jefferson menggambarkan kebijakan moneter saat ini sebagai restriktif dan tidak memberikan perkiraan apakah ia mengantisipasi penurunan suku bunga tahun ini. Ia menegaskan akan memperhatikan dengan cermat data ekonomi, prospek, dan risiko sebelum membuat keputusan. Lalu, Wakil Ketua Pengawasan Fed Michael Barr, menegaskan pesan utama dari The Fed bahwa penurunan suku bunga yang sangat dinantikan pasar akan tertunda hingga inflasi secara jelas mencapai target The Fed sebesar 2%.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours