Securities and Exchange Board of India (SEBI) telah mengungkap skandal manipulasi di pasar Initial Public Offering (IPO) yang melibatkan dua perusahaan, Varanium Cloud Limited dan Add-Shop E-Retail Limited. Kedua perusahaan ini diduga memanipulasi laporan keuangan mereka untuk menaikkan harga saham. Akibatnya, baik perusahaan maupun pendirinya dilarang berpartisipasi di pasar modal.

Selain itu, Add-Shop E-Retail dan White Organics Agro terlibat dalam penyimpangan transaksi pihak terkait dan pengumuman palsu. Varanium Cloud juga menyalahgunakan dana dari penawaran umum pada tahun 2022 dengan mencatat transaksi fiktif. SEBI memperingatkan akan adanya tindakan regulasi lebih lanjut untuk mencegah kenaikan harga yang tidak wajar di masa depan.

Indeks UKM India yang telah meningkat lebih dari 5.000 persen sejak 2021 menjadi perhatian utama. Harsh Goenka, Ketua RPG Enterprises, menyuarakan kekhawatirannya melalui media sosial, menyerukan tindakan segera dari SEBI dan Kementerian Keuangan India untuk melindungi investor kecil dari kerugian besar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours