Perusahaan-perusahaan dari berbagai sektor di Indonesia semakin mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam operasional mereka sehari-hari. Contohnya adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, yang menggunakan GitHub Copilot, alat AI untuk developer dari Microsoft.

GitHub Copilot telah mengubah cara Telkom mengembangkan produk dengan memberikan saran kode, memperbaiki syntax, dan menawarkan solusi optimal. Eksekutif Senior Digital Business & Technology Telkom, Komang Aryasa, mengungkapkan bahwa kontribusi ini memungkinkan para developer Telkom untuk fokus pada pemecahan masalah logika yang kompleks, serta memainkan peran penting dalam mendorong transformasi digital. Selain Telkom, BUMA, salah satu kontraktor pertambangan terbesar di Indonesia, juga menggunakan solusi AI dari Microsoft, yaitu Copilot for Microsoft 365, untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Sementara itu, perusahaan penyelenggara dompet digital DANA telah mengadopsi teknologi AI Microsoft secara komprehensif sejak awal tahun ini. DANA menggunakan Copilot sebagai asisten AI untuk membantu pengembang dalam pembuatan dan pengecekan kode, memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada tugas pengkodean yang lebih kompleks.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours