Kementerian PUPR menegaskan bahwa Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dapat dijadikan bandara komersial seiring dengan hampir selesainya proyek pembangunannya. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, menyatakan bahwa saat ini fokus mereka adalah pada pembangunan akses jalan menuju bandara.

Dalam hal ini termasuk menuju arah tol 5B dan jalan nasional, yang akan mengurangi waktu tempuh ke bandara menjadi 10 menit dari kawasan inti IKN. Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, memastikan bahwa sebagian besar landasan pacu bandara VVIP IKN telah siap digunakan menjelang perayaan Kemerdekaan Indonesia bulan Agustus, dengan sisa proyek landasan yang ditargetkan selesai pada bulan Agustus.

Kementerian PUPR juga akan melakukan uji coba kelayakan pada bulan Juli untuk menilai kesiapan fisik dan instrumentasi pendaratan bandara. Selain itu, progres pembangunan lapangan upacara di IKN juga mencapai 90 persen, dengan target selesai pada bulan Juni untuk digunakan pada Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia bulan Agustus mendatang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours