Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan temuan baru berupa sumber daya lithium di wilayah Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah. Muhammad Awaluddin selaku koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM mengonfirmasi temuan potensi lithium yang besar di Bledug Kuwu dan pihaknya memfokuskan ke analisis temuan sumber daya tersebut.

Sumber data lithium di wilayah Bledug Kuwu berasal dari brine system atau lumpur dan air. Lumpur dan air tersebut dikaji dengan cara dikeringkan sehingga akan menghasilkan kadar lithium hingga 10 kali lipat. Adapun potensi jumlah lithium yang ditemukan sebanyak 1.000 PPM Lithium.

Temuan lithium ini lantas menjadi incaran asing atau perusahaan internasional untuk mengembangkannya. Sebagaimana diketahui bahwa mineral lithium pada saat ini berperan penting dalam industri baterai kendaraan listrik. Apalagi pihak ESDM memprediksi permintaan lithium akan melonjak 42 kali lipat dari kebutuhan, sejalan masifnya pemakaian kendaraan listrik dengan basis baterai.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours