Pada perdagangan sesi I Senin (29/4/2024), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau mengalami kecenderungan untuk menguat, mencerminkan sikap investor yang lebih bersikap wait and see menjelang rilis data ekonomi global penting dalam pekan ini.

Pukul 09:30 WIB, IHSG telah menguat sebesar 0,6% ke level 7.078,03, sementara tetap bertahan di level psikologis 7.000. Transaksi indeks mencapai sekitar Rp 2,7 triliun, dengan sektor kesehatan menjadi penopang utama dengan pertumbuhan 3,38%. Beberapa saham, termasuk saham emiten energi baru terbarukan (EBT) seperti PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN), turut menjadi penopang IHSG.

Meskipun investor asing masih mencatatkan outflow di pasar saham RI, IHSG tetap mengalami kenaikan. Investor menunggu keputusan Federal Reserve (The Fed) terkait suku bunga AS, yang diperkirakan akan tetap tinggi mengingat data ekonomi AS yang belum menunjukkan pembaikan yang cukup untuk pemangkasan suku bunga. Faktor-faktor seperti inflasi AS yang masih tinggi, sekitar 3,5%, juga menjadi pertimbangan penting bagi keputusan The Fed, dengan beberapa survei menunjukkan kecenderungan untuk tidak memangkas suku bunga (no landing).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours