IHSG mengalami penurunan signifikan sebesar 1,67% atau 119,22 poin pada penutupan perdagangan Jumat (26/4/2024), menuju posisi 7.036,07, sementara secara mingguan terpantau turun sebesar 0,72%. Penutupan IHSG pekan lalu mencatatkan level terendahnya dalam lima bulan terakhir, sementara nilai transaksi mencapai sekitar Rp14,72 triliun dengan jumlah saham yang berpindah tangan mencapai 16,98 miliaran. 

Investor asing tercatat net sell hingga Rp 2,16 triliun di semua pasar. Pasar keuangan domestik dipengaruhi oleh berbagai sentimen baik dari dalam maupun luar negeri, dengan aktivitas perdagangan pekan ini tidak berjalan penuh karena adanya hari libur pada Rabu (1/5/2024). 

Sentimen eksternal, terutama dari AS, turut memengaruhi pergerakan pasar keuangan Indonesia, sementara sentimen dalam negeri juga memberikan pengaruh, khususnya perihal suku bunga acuan yang mengalami kenaikan yang tidak diharapkan. Beberapa rekomendasi saham yang menarik untuk disimak termasuk PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG), dan PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours