Pada hari ini, harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung mengalami penurunan sebesar Rp1.000 menjadi Rp1.319.000 per gram. Ini menandai akumulasi penurunan harga emas sebesar Rp28.000 dari posisi tertingginya pada akhir pekan sebelumnya, yang berada di posisi Rp1.347.000 per gram. Penurunan ini juga mencatatkan emas Antam sudah mengalami penurunan harga selama empat hari berturut-turut.

Tidak hanya harga emas, harga buyback Antam juga turun sebesar Rp1.000 dibandingkan dengan hari sebelumnya, menjadi Rp1.217.000 per gram. Penurunan ini sejalan dengan penurunan harga emas dunia yang terkoreksi, bahkan pada pagi ini belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Menurut data Refinitiv, harga emas dunia pada penutupan perdagangan Rabu kemarin mengalami pelemahan sebesar 0,26% menjadi US$2.315,82 per troy ons. Pelemahan ini juga melanjutkan tren penurunan sejak awal pekan, yang menandai harga emas sudah mengalami penurunan selama tiga hari berturut-turut. Pada pagi ini, hingga pukul 06.42 WIB, harga emas belum menunjukkan perbaikan, dengan mengalami pelemahan tipis sebesar 0,01% menjadi US$2.315,49 per troy ons.

Penurunan harga emas masih diduga dipengaruhi oleh faktor geopolitik di Timur Tengah yang mulai mereda setelah Iran tidak membalas serangan Israel pada pekan lalu. Saat ini, pelaku pasar sedang memantau sejumlah data ekonomi AS yang dijadwalkan akan dirilis hingga penghujung pekan ini, seperti data pertumbuhan ekonomi kuartal pertama tahun 2024 dan kondisi pasar tenaga kerja. Data-data tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan lebih lanjut mengenai arah kebijakan bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (The Fed), terutama mengenai kebijakan suku bunga.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours