Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka telah resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden terpilih untuk periode 2024-2029 pada hari ini, Rabu (24/4/2024). Gedung KPU di Jakarta Pusat diamankan ketat oleh aparat keamanan, sedangkan ruas jalan sekitarnya ditutup untuk lalu lintas kendaraan.

Sejumlah massa mulai berkumpul di sekitar Taman Suropati, namun tujuan dari kumpulan tersebut belum jelas apakah akan menggelar unjuk rasa. Acara penetapan tersebut dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU RI pada pukul 10.00 WIB, Rabu (24/4/2024), sebagaimana dijelaskan oleh Komisioner KPU August Mellaz sebelumnya. Polri telah menurunkan 4.266 personel gabungan untuk mengamankan acara tersebut, sesuai dengan pernyataan Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Penetapan tersebut dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi menolak seluruh gugatan perselisihan hasil pemilihan umum yang diajukan oleh kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. KPU juga mengundang kedua pasangan calon tersebut serta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara penetapan tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours