PT PLN (Persero) berencana menambah sebanyak 3.000 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), di mana 2.000 unit berasal dari tiang listrik. Edi Srimulyanti, Direktur Retail dan Niaga PLN, mengungkapkan bahwa saat ini sudah terdapat 1.300 SPKLU untuk kendaraan roda empat dan 9.600 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk kendaraan roda dua.

Selain itu, ada pula 1.900 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). PLN telah melakukan pilot project dan kajian untuk memanfaatkan tiang listrik yang tersebar di Indonesia sebagai lokasi penempatan SPKLU.

Selain menambahkan SPKLU, PLN juga berencana menambah sekitar 250 unit SPBKLU dengan melibatkan perusahaan Original Equipment Manufacturer (OEM). Perusahaan juga telah menyiapkan tempat pengisian daya di rute tol Jakarta-Bali dan Sumatra-Aceh, sebagai antisipasi meningkatnya arus mudik dan balik yang diperkirakan mencapai 4.000 unit kendaraan listrik.

Transaksi pengisian daya dari SPKLU selama Lebaran 2024 mencapai 12.600 kali, meningkat lima kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, dengan total daya yang tersalurkan sebesar 253.000 kWh dan total transaksi diperkirakan mencapai Rp379,5 juta.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours