BI mencatat peningkatan kinerja kegiatan usaha pada kuartal pertama 2024, terutama didorong oleh naiknya permintaan selama Pemilu 2024 dan Ramadan. Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) BI menunjukkan bahwa nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada kuartal I/2024 mencapai 14,11%, meningkat dari kuartal sebelumnya yang hanya 13,17%.

Menurut Erwin Haryono, Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Komunikasi BI, pertumbuhan terutama terjadi pada sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, sejalan dengan musim panen dan faktor musiman pada sektor tersebut. Selain itu, kinerja sektor Industri Pengolahan dan Perdagangan juga positif, terutama karena peningkatan permintaan selama Pemilu 2024 dan bulan Ramadan.

Meskipun kapasitas produksi sedikit menurun, tetapi masih kuat, terutama didorong oleh sektor pertanian dan industri pengolahan. Penggunaan tenaga kerja juga terus meningkat, menandakan fase ekspansi dalam kegiatan usaha. Secara keseluruhan, kondisi keuangan dunia usaha tetap baik, terutama dalam hal likuiditas dan rentabilitas, meskipun sedikit lebih rendah dari kuartal sebelumnya, dengan akses kredit yang tetap mudah.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours