Pada Kamis (18/4/2024), harga emas menguat karena meningkatnya ketegangan di Timur Tengah meningkatkan daya tarik logam mulia tersebut, meskipun data ekonomi AS yang kuat mengurangi prospek penurunan suku bunga yang signifikan. Menurut data Refinitiv, harga emas di pasar spot naik 1% menjadi US$2.378,25 per troy ons, dengan harga emas dunia mencapai US$2.380,25 per troy ons pada pukul 06.25 WIB. 

Israel telah mengisyaratkan reaksi terhadap serangkaian serangan dari Iran, meskipun belum menetapkan cara tindakannya, sementara investor cenderung melihat ke emas sebagai perlindungan dalam situasi ketegangan geopolitik. Meskipun data AS menunjukkan klaim pengangguran mingguan yang tetap rendah, data ekonomi yang kuat dan retorika hawkish dari pejabat Federal Reserve telah mengubah pandangan investor tentang kemungkinan penurunan suku bunga dalam waktu dekat. 

Presiden Federal Reserve Bank Cleveland, Loretta Mester, menunjukkan kemungkinan pengurangan biaya pinjaman jika tekanan inflasi berkurang lebih lanjut, sementara Gubernur Fed Michelle Bowman mengungkapkan keraguan tentang apakah suku bunga saat ini cukup tinggi untuk mencapai target inflasi The Fed sebesar 2%. Meskipun demikian, suku bunga yang lebih tinggi dapat mengurangi daya tarik emas sebagai investasi yang tidak memberikan hasil. Meskipun ada tekanan pada emas karena ekspektasi penurunan suku bunga yang lebih rendah dari The Fed dan aksi ambil untung, penurunan yang tajam tidak dianggap sebagai skenario yang mungkin terjadi, menurut analis Bank of China International (BOCI) Xiao Fu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours