Intel berupaya untuk tetap mengirimkan produknya ke China, ditengah pengendalian ekspor pemerintah Amerika Serikat. Intel akan meluncurkan dua chip ke Negeri Tirai Bambu yakni HL-328 dan HL-388, sedangkan kemampuan kinerjanya akan dikurangi.

Chip HL-328 dan HL-388 memiliki fitur on-chip memory, high-bandwidth memory, serta standard interface. Sementara mengenai tanggal perilisan, HL-328 rencananya dirilis Juni dan HL-388 ditargetkan rilis September. Sama halnya dengan Nvidia yang mengeluarkan chipset yang ditujukan khusus untuk pasar China. Salah satunya, yaitu H20, telah dikirimkan dalam jumlah terbatas ke China pada kuartal pertama tahun ini. Rencananya, pada kuartal kedua tahun 2024, mereka akan mengirimkan jumlah yang lebih besar dari chipset tersebut.

Sebagai informasi, sebelumnya Joe Biden memberi batasan penjualan chip negaranya ke China. Bahkan, pada Oktober tahun lalu larangan tersebut dialami Nvidia A800 dan H800.

Nvidia telah melakukan redesain chip mereka, yang menuai kritik dari Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo, awal tahun ini. Raimondo menyatakan bahwa pemerintah akan memantau hal ini dan tidak terkejut dengan tindakan tersebut. Meskipun menyadari bahwa hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi beberapa bos perusahaan chip, Raimondo menegaskan bahwa langkah ini diambil untuk melindungi keamanan nasional. Menurutnya, ekspor chip ke China dianggap setara dengan menjual senjata ke negara tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours