Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyampaikan tiga pesan kunci kepada Menteri Luar Negeri Republik Rakyat China, Wang Yi, dalam pertemuan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Menurut Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, Jokowi menyoroti pentingnya meningkatkan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan antara kedua negara. Selain menggarisbawahi pertumbuhan perdagangan yang lebih seimbang, Jokowi juga mengharapkan peningkatan akses pasar Indonesia ke China, terutama dalam hal impor produk pertanian dan perikanan, serta mendorong kerja sama pembangunan di Ibu Kota Nusantara, termasuk moda transportasi dan proyek strategis di Kalimantan Utara.

Presiden Jokowi juga menekankan masalah ketahanan pangan sebagai pesan kedua. Menurut Retno, Jokowi menekankan pentingnya kerja sama pertanian antara kedua negara, khususnya dalam sektor padi, hortikultura, dan durian, serta mempelajari model pertanian China.

Pada pesan terakhir, Jokowi menyoroti situasi di Timur Tengah, menekankan pentingnya menahan diri, deeskalasi, dan mendorong negara-negara untuk menggunakan pengaruhnya guna mencegah eskalasi konflik.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours