IMF tetap mempertahankan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 sebesar 5% dalam laporan World Economic Outlook (WEO) edisi April 2024, yang menunjukkan konsistensi IMF terhadap proyeksi ekonomi Indonesia selama tiga laporan berturut-turut.

Meskipun demikian, IMF telah meningkatkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2025 menjadi 5,1%. IMF juga menyoroti peran penting Indonesia sebagai produsen terbesar nikel di dunia dan salah satu negara berkembang di G20 yang memegang peran vital dalam aktivitas ekonomi global. IMF juga merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi global 2024 menjadi 3,2%, yang sejalan dengan harapan pemerintah Indonesia untuk pertumbuhan ekonomi di atas 5% tahun ini.

Perbandingan dengan negara-negara Asean-5 menunjukkan bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 berada di atas rata-rata Asean-5, dengan proyeksi lebih tinggi dari Malaysia, Singapura, dan Thailand. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, menyatakan optimisme pemerintah terhadap proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan proyeksi 5,2% pada tahun 2024 dan kisaran 5,3%-5,6% pada tahun 2025.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours