Masyarakat di Amerika Utara sangat bersemangat menyambut gerhana matahari total dengan perayaan massal seperti pernikahan, parade musik, dan sorak-sorai di berbagai tempat publik. Fenomena alam yang langka ini membuat wilayah-wilayah di Amerika Utara gelap pada siang hari untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir. Ribuan orang terpesona menyaksikan gerhana matahari total dari resor pantai Meksiko hingga tepian Sungai Ohio, dan bahkan lebih jauh lagi ke air terjun Niagara.

Di Russellville, Arkansas, hampir 400 pasangan menikah dalam acara pernikahan massal bernama “Elope and the Eclipse”, sementara di Taman Air Terjun Niagara, dua pernikahan dan satu lamaran terjadi di tengah kerumunan 2.000 orang. Di seberang sungai di Air Terjun Niagara, Ontario, lebih dari 300 orang mengenakan kostum matahari, menciptakan rekor dunia baru. Mazatlan, Meksiko, menjadi titik pengamatan utama pertama, di mana ribuan orang berkumpul dengan kacamata pelindung sinar matahari untuk menyaksikan gerhana, sambil orkestra memainkan tema film “Star Wars”.

Di Burlington, Vermont, hotel-hotel sudah dipesan berbulan-bulan sebelumnya, dan walikota menyebut suasana kota sebagai festival pertengahan musim panas yang sangat menyenangkan. Gerhana berlangsung selama 4-1/2 menit tergantung pada lokasi pengamatan, dengan bintang berkelap-kelip pada tengah hari, suhu udara turun, dan gelombang samar “pita bayangan” terlihat di atas lanskap. Burung dan hewan liar lainnya terkadang menjadi diam. Penggemar gerhana datang dari jauh untuk menyaksikan fenomena ini sepanjang “jalur totalitas” yang membentang sejauh 4.000 km dari Pantai Pasifik Meksiko hingga Kanada, melintasi 14 negara bagian AS.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours