Selama periode arus mudik dan balik Lebaran 2024, Astra Infra Toll Road mencatat bahwa sebanyak 713.247 kendaraan melintasi Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Puncak lalu lintas terjadi pada Sabtu (6/4/2024) dengan jumlah 134.715 kendaraan, yang merupakan peningkatan sebesar 130% dibandingkan dengan lalu lintas harian. 

Menurut Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar, Kompol Hudi Ari, puncak arus mudik di Tol Cipali telah terjadi pada hari Sabtu tersebut karena sebagian besar pemudik sudah mendapatkan cuti Lebaran dan memilih untuk pulang ke kampung halaman. Iswandi Putra, Ketua Tim Kelompok Substansi Rekayasa Lalu Lintas Kemenhub, menyatakan bahwa sebanyak 11,10 juta dari total 28,4 juta pemudik dari Jabodetabek berencana melintasi Tol Transjawa menuju Jawa Tengah. 

Faktor-faktor seperti pemulihan ekonomi, peningkatan kepemilikan kendaraan bermotor, infrastruktur yang membaik, serta tradisi mudik tanpa adanya larangan, semuanya berkontribusi pada peningkatan mobilitas pemudik selama Lebaran 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours