BMKG mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem selama masa mudik Lebaran 2024, dengan masyarakat yang bermudik diminta untuk berhati-hati dan rutin memantau kondisi cuaca.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyampaikan bahwa potensi cuaca ekstrem tersebut terkait dengan munculnya bibit siklon tropis baru 96S di sekitar Laut Sawu, yang diperkirakan akan menguat secara perlahan dalam beberapa hari mendatang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menjelaskan bahwa bibit siklon 96S dapat memberikan dampak langsung dan tidak langsung terhadap kondisi cuaca di beberapa wilayah Indonesia dalam 24-48 jam ke depan.

Antara lain, terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta potensi angin kencang di sekitar Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. Selain itu, diperkirakan juga akan terjadi gelombang tinggi di beberapa perairan sekitar wilayah tersebut.

Guswanto menambahkan bahwa kondisi cuaca ini dipengaruhi oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO), fenomena Gelombang Kelvin, Rossby Equatorial, dan suhu muka laut yang hangat di wilayah Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours