Pada perdagangan hari ini, Selasa (26/3/2024), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali sesi dengan stagnan sebelum akhirnya bergerak ke zona merah. Saham-saham utama seperti BBCA, TLKM, dan ICBP tercatat mengalami pelemahan. Berdasarkan data Bloomberg pada pukul 09.00 WIB, IHSG dibuka pada posisi 7.377,76 dan kemudian bergerak di rentang 7.330-7.377.

Dalam perdagangan hari ini, saham-saham seperti BBCA, TLKM, dan ICBP tercatat melemah. Saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) turun 0,99% menjadi Rp9.975, sementara saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) turun 1,61% ke level Rp3.670, dan saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) turun 5,58% menjadi Rp10.575.

Menurut Head of Research Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan, IHSG berpotensi melanjutkan penguatannya dengan uji batas atas resistance di 7.400 hari ini. Analisis tersebut didasarkan pada terbentuknya golden cross pada oversold area pada Stochastic RSI.

Sentimen pada perdagangan hari ini juga dipengaruhi oleh data ekonomi baik dari dalam maupun luar negeri. Investor global menantikan rilis data seperti Germany GfK Consumer Confidence untuk April 2024 dan data ekonomi dari Amerika Serikat, termasuk House Price Index dan New Home Sales. Di sisi dalam negeri, sentimen datang dari pelemahan nilai tukar mata uang rupiah yang tertahan di kisaran Rp15,795, seiring dengan aksi net-sell asing di surat utang yang mencerminkan peningkatan risiko di Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours