BPS mencatat bahwa sejumlah komoditas pangan masih mengalami kenaikan harga pada pekan ke-3 Ramadan. Pemerintah diminta untuk tetap waspada terhadap lonjakan harga menjelang Idulfitri 2024.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, BPS, Pudji Ismartini mengungkapkan bahwa terdapat 325 kabupaten/kota yang mengalami kenaikan indeks perkembangan harga (IPH), dengan Bolaang Mongondow Timur, Pesisir Selatan, dan Bitung menjadi beberapa wilayah yang mengalami kenaikan tertinggi. Lonjakan harga terutama disebabkan oleh kenaikan harga telur ayam, daging ayam, dan beras.

Pudji juga menyebut bahwa harga telur, daging ayam, minyak goreng, bawang putih, gula pasir, bawang merah, dan daging sapi mengalami kenaikan pada pekan ketiga Maret 2024. Selain itu, harga telur ayam ras naik 5,73%, sedangkan harga daging ayam ras naik 3,89% dibandingkan dengan Februari 2024. Harga minyak goreng juga mengalami kenaikan, sementara harga beras cenderung stabil tetapi masih lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya. Waspada diperlukan terutama terhadap kenaikan harga telur dan daging ayam, mengingat sebagian besar wilayah di Indonesia masih mengalami peningkatan harga.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours