PPP gagal ke Senayan 2024, partai tersebut hanya menggaet 3,87% suara atau setara 5,8 juta suara sah. Sebelumnya PPP memperoleh suara yang cukup baik di beberapa dapil Jawa Timur.

Dalam Dapil Jawa Timur XI, calon petahanan Achmad Baidowi memperoleh 359.189 suara, menempatkannya sebagai peraih suara terbanyak kedua di wilayah tersebut dan di seluruh Indonesia. Suaranya hanya kalah oleh politikus PDIP, Said Abdullah, yang mendapat 528.815 suara.

Meskipun begitu PPP gagal ke Senayan 2024 secara nasional, kemungkinan posisi Baidowi akan digantikan oleh politikus PDIP Ansari yang meraih 76.907 suara.

Adapun PPP juga memiliki perwakilan di Dapil Jawa Timur VIII. Ema Umiyyatul Chusnah meraih 65.393 suara dan kemungkinan akan digantikan oleh Putra Eros Djarot, yang juga dikenal sebagai Banyu Biru Djarot, dengan perolehan suara sebanyak 54.325.

Kondisi PPP gagal ke Senayan 2024 justru menjadi keuntungan bagi Partai Golkar dan PDIP. Kedua partai ini memiliki peluang mendapatkan tambahan kursi apabila gugatan mereka ke MK tidak mengganti secara signifikan hasil Pemilu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours