Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan rencana pemberian diskon tarif jalan tol selama mudik Lebaran 2024. Hal ini dilakukan untuk mengatur laju arus lalu lintas selama libur Lebaran guna menghindari kemacetan.

Basuki menegaskan bahwa keputusan ini masih dalam tahap koordinasi antara Kementerian PUPR dan badan usaha jalan tol (BUJT), sehingga belum ada kepastian terkait waktu dan besaran potongan tarif tersebut.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, juga menyoroti pentingnya peran diskon tarif tol dalam menyukseskan mudik Lebaran 2024. Kementerian Perhubungan memperkirakan adanya lonjakan pergerakan masyarakat yang signifikan selama periode tersebut, dengan jumlah potensial mencapai 193,6 juta orang, meningkat dari tahun sebelumnya.

Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi menjelang cuti bersama atau H-2 Lebaran, pada tanggal 8 April 2024, menurut Kementerian Perhubungan. Upaya pengaturan waktu mudik, penerapan diskon tarif transportasi massal, dan rekayasa lalu lintas diidentifikasi sebagai langkah-langkah kunci yang akan diterapkan untuk menghadapi lonjakan arus mudik yang diantisipasi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours