Memasuki Ramadan, salah satu yang sangat ditunggu oleh aparatur negara adalah pencairan Tunjangan Hari Raya (THR). Pada tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan THR cair secara penuh.

Harga pangan terus mengalami fluktuasi menurut data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, di mana harga beras hari ini tetap stabil di angka Rp16.000 per kg untuk jenis medium I, sementara beras kualitas medium II mengalami kenaikan sebesar Rp50 menjadi Rp15.800 per kg. Harga beras kualitas super I dan II juga mengalami kenaikan, dengan harga bertengger di Rp17.350 dan Rp16.800 per kg secara berturut-turut. Selain itu, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit hijau, dan cabai rawit merah semuanya mengalami kenaikan harga. 

Begitu juga dengan daging ayam ras segar, telur ayam ras, dan daging sapi yang semuanya mengalami kenaikan harga yang signifikan. Harga-harga tersebut jauh di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah, yang menandakan adanya ketidaksesuaian antara harga pasar dan regulasi yang berlaku. Meskipun demikian, untuk periode tertentu, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) menetapkan HET baru sementara untuk beras premium dengan kenaikan harga masing-masing sebesar Rp1.000 per kg.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours