Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Februari 2024 tercatat sebesar 123,1, tetap berada di zona optimis, meski lebih rendah dari bulan sebelumnya yang sebesar 125,0.

Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono, dalam keterangannya pada Rabu (13/3/2024), menyampaikan bahwa survei konsumen pada Februari 2024 menunjukkan optimisme yang tetap kuat terhadap kondisi ekonomi. Menurutnya, keyakinan konsumen dipengaruhi oleh kenaikan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) dan tetapnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE). Meskipun IKE Februari 2024 berada pada zona optimis sebesar 110,9, mengalami penurunan dari bulan sebelumnya, terutama pada komponen Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja.

Sementara IEK mengalami peningkatan menjadi 135,3, didorong oleh Indeks Ekspektasi Penghasilan dan Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja 6 bulan mendatang. Optimisme konsumen tercatat pada seluruh kategori pengeluaran, dengan peningkatan terutama pada kelompok usia 20-40 tahun. Secara spasial, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei, terbesar di Kota Palembang sebesar 5,0 poin, diikuti oleh Denpasar dan Bandung.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours